Saturday, June 1, 2013

Tokyo 2012 (Part 1)

Sedih, sebel sama diri sendiri, tapi ngga tau mau ngapain. Jadi ceritanya beberapa minggu terakhir gue rapiin blog (label *biar enak bacanya*, postingan sampah diapus *in case gue buka pas udah gede ga tengsin-tengsin amat bacanya*), terus dengan dodolnya SEMUA postingan dengan label college life KEHAPUS. Yaudahlah ya, ikhlas kalo yg keapus cuma tulisan jaman maba cerita soal gak bisa asal comot maskara karena pas kuliah duit dijatah, tapi kalo tulisan tentang Asia Cup yg keapus? NANGIS. Gini deh, buat gue itu priceless opportunity, buat jadi part of Fak. Hukum UGM's first team yang ikut national round Asia Cup Moot Court Competition, sebuah kompetisi peradilan semu yang diselenggarakan oleh Ministry of Foreign Affairs Jepang dengan tema utk moot problem berkisar di human rights atau humanitarian law. Setelah melewati national round, mengalahkan beberapa universitas terkemuka di Indonesia baik negeri maupun swasta akhirnya diputuskan oleh organizing committee bahwa kamilah yg berhak mewakili Indonesia di international round di Tokyo, Jepang, Agustus 2012. Ngga apa-apa kalo bosen denger cerita ini hiks, yang penting sebelum gue lupa banget, gue mau tulis ulang perjalanan dan petualangan di sana, takutnya 5-10-20-dst tahun ke depan udah semakin lupa detail, ini udah mau setahun aja udah mulai lupa, makanya harus buru-buru gue tulis, karena ini penting buat diingat di masa mendatang, untuk diceritakan kepada keturunanku kelak, hahaha.

Foto resmi pertama team abis diumumin kalo kita yang lolos buat international round :D
Prosesnya nggak gampang, sama kayak MCC lain, kita juga latihan tiap hari, pusing bikin memo, bahkan finishing memo di Platinum sampe adzan subuh berkumandang. Alhamdulillah, nggak sia-sia. Setelah menerima e-mail dari panitia kalo kita lolos, foto di atas segera diambil untuk keperluan proposal. Dari kiri ke kanan; Talitha Luthfia (researcher), Annisa Mahardika Izzati (oralist), Andyka Ahmad Kasyidi Latief (manager/ head delegates), gue (oralist), Vierna Tasya Wensatama (oralist).

Singkat cerita, setelah nerima jadwal dari panitia dll, lombanya ternyata singkat, cuma tanggal 20-21 Agustus 2012. Kita putusin berangkat tanggal 18 Agustus, karena sampe Tokyo tanggal 19 Agustus, sehari buat persiapan, tanggal 20 mulai lomba. DANNN, tanggal 18 malem itu adalah malem takbiran, hiks nggak lebaran di rumah. Tapi kita tetep excited karena banyak hal menunggu di sana :'D


Di pesawat gue duduk sama Kidy, terus awalnya belom bisa tidur, gue nonton Just Married-nya Ashton Kutcher, udah capek ketawa belom ngantuk juga padahal Kidy udah mulai tidur, terus gue lanjut nonton The Avengers, eh lama-lama ngantuk juga, akhirnya ketiduran thanks to in flight entertainment ya. Paginya bangun, terus ngobrol-ngobrol lagi sama Kidy, sarapan, akhirnya kita landing juga di Narita.

Setelah landing, ngelewatin imigrasi dll, kita langsung cari wifi buat ngabarin keluarga (& Dandi hehehe) kalo kita udah sampe dengan selamat, nggak lupa minal aidin wal faidzin-nya :'D terus alhamdulillah pake BIS yg gue aktifin dr Jkt buat aktif internasional bisa aktif juga biasa Vier si teknokrat. Terus setelah semua beres (termasuk bagasi), kita keluar mencari transportasi untuk menuju hotel kita, New Otani Inn yang terletak di daerah Shinagawa.

Narita International Airport (psst belom pada mandi padahal Lebaran, hahaha)

Kita nyampe kalo nggak salah sekitar jam setengah 11 siang, nggak solat Ied deh :( bingung juga kan nyari harus solat Ied dimana :( akhirnya, Kidy yang udah pelajarin banget segala seluk beluk transportasi di Jepang (JR Line, Metro) menemukan bus untuk menuju hotel. Di perjalanan gue ngantuk, capek, tapi betah ngeliatin jendela bus, kayak too good buat ditinggal tidur. Btw, gue sih terutama yang mikir semua bakal gampang, ternyata tidak :'D bus berhenti dan kita masih harus nyari line kereta mana yang paling benar utk menuju hotel. Buset, mana di mana-mana serba hiragana, katakana, kanji -_- gue bisa baca dikit-dikit TAPI YA DIKIT BGT. Akhirnya kita (terutama Kidy sih paling ngerti) berhasil nemuin cara beli tiket JR Line (terus akhirnya di hari kedua, ketiga, dst kita udh mulai ngerti rute yeay) menuju daerah Shinagawa. Apa yang paling gue benci? GERET KOPER SEGEDE GABAN NAIK TURUN TANGGA & ITU SUMMER SEHINGGA PANAS SEKALI :( seandainya tarif taksi di sana sama kayak Jkt.................... Ngebayanginnya aja ngga berani, hahaha, Tokyo, the most expensive city in the world. Dan cerita mahalnya taksi itu nyata loh. Jadi mending bersakit-sakit dahulu bersenang-seneng kemudian. Finally, kita dapet kereta yang bener (enak banget ngadem) menuju daerah Shinagawa, tapi sial, sunglasses Kidy ilang :(

Akhirnya kita sampe di stasiun Shinawaga, turun geret koper lagi, terus cari hotel. Seorang bapak-bapak baik hati (yang sayangnya ngga bisa bhs. Inggris, jadi agak pake bahasa tarzan gitu deh) ngasi tunjuk hotel kita di mana. Ternyata pas sampe gue lupa deh kayaknya kita belom bisa check in. Kita titip koper terus cari makanan karena laper. Bingung sih, pertama kita pengen cari halal, kedua itu Lebaran masa ngga makan ketupat *ga deng bercanda* yang terdekat ada di situ Burger King, yowis BK for Lebaran! Mana gue ngga ngerti baca menunya o.O jadi nggak dapet BK Double Swiss Mushroom *ya jangan-jangan di sana ngga ada menu itu zz* yaudah terus intinya abis itu kurang seru karena gue sakit perut seharian, padahal besoknya lomba untuk bawa berbagai obat dari Jkt.

Pulang makan akhirnya kita check in, hotelnya enak, walaupun typical hotel di Jepang... Sempit. Toiletnya juga seru ya, mau air anget? Mau atur kencengnya semburan air? Bisa. Terus toiletries nya Shiseido gitu. Apalagi ya? Terus kita bongkar koper beres-beres, istirahat, terus janjian jam berapa gitu sekitar abis magrib buat cari makan malem dan latihan.

Setelah tidur siang, kita bangun dan jalan kaki cari makan malem ke Lawson terdekat *as I've said before, Tokyo is the most expensive city in the world, jadi kita mengandalkan Lawson dkk + makanan yg tinggal diangetin di microwave-nya buat makan instan & ngga rebek* sempet juga mampir di supermarketnya dan sempat gemes terus beli Chocobi-nya Shinchan itu, gue juga beli buat adek gue. Terus balik kamar, latihan sambil makan, terus bobo. Nervous besok mau pleading!

Bersambung ke sini.

3 comments :