Thursday, October 30, 2014

Yogyakarta

Postingan kali ini gonna be a long and emotional post. Keliatan kan dari judulnya? Bagi yang pernah atau sedang tinggal di Jogja (buat kuliah gitu), ayok siapin dulu tisunya.

Jadi ceritanya begini, lusa gue akan berangkat ke Jakarta, karena gue harus mulai training sebuah program Officer Development Program sebuah bank. Training-nya empat bulan, dan itu Senin sampai Sabtu, which means, gue gak bisa ngabur-ngabur balik Jogja hari Jumat malam dan pulang Minggu malam (sebuah rencana kalo gue jadi ambil kerjaan di law firm).

Sebenernya perpisahan bukan hal baru sih buat gue, dari kecil gue jarang menetap lama di sebuah kota gitu. Gue lahir di Jakarta, sampai TK, terus gue sekeluarga pindah ngikut bokap ke Kuala Kencana, Papua, (lowland), sampai kelas 3 SD terus pindah ke Tembagapura (highland), pasti ada rasa sedih ya dulu pisah sama temen-temen sekolah. Kalo pas ke Papua sih gue sedih banget karena harus pisah sama Opung gue di Jakarta, tapi agak keobatin karena dua tahun sekali, masing-masing kurang lebih sebulan kita cuti ke Jakarta. Nah, berhubung bokap gue aslinya orang Jogja, di cuti ke Jakarta itu kita selalu mampir Jogja juga untuk nengok Eyang gue, jadiii... Di antara temen-temen perantau yang kuliah di Jogja, sebenernya Jogja jauh lebih familiar buat gue karena dua kali setahun gue selalu mampir Jogja dari kecil, dan pas kuliah ini keluarga gue ada rumah yang gue dan adek gue tinggalin kan, soalnya adek gue keterima FK UGM tahun ini, jadi kuliah sini juga. Kembali ke topik soal pindah-pindah, nah, gue di Tembagapura sampai kelas 3 SMP, ini sedih juga banget abis prom tuh sedihlah sama temen-temen, soalnya gue bakal SMA di Magelang, alias SMA Taruna Nusantara, dan nambah sedihlah gak boleh bawa hp gitu-gitu makin-makin deh, jadi perpisahan yang menyedihkan juga terjadi pas gue lulus SMP, harus ninggalin Tembagapura kota terenak di dunia. Kota mana lagi sih di Indonesia yang cuaca dan suhunya bak Eropa di bulan April?

Keliatan yak gue orangnya baperan, hahaha. Tiga tahun SMA, gue akhirnya lulus bersama temen seangkatan gue, dan kita ngadain PA (Prasetya Alumni). Ternyata semakin dewasa, perpisahan menjadi semakin emosional, sodara-sodara!!! Perasaan sebelumnya gue sedih banget pisah sama Tembagapura, jauh dari keluarga & sahabat, tiba-tiba gue jadi sayang banget sama SMA gue! Di akhir acara PA, ada acara namanya Passing Out, jadi kita bikin barisan panjang sampe ke boulevard komplek SMA TN, dan salaman sama pamong (guru), adek-adek kelas, dan... ratusan teman seangkatan! Demi apapun, gue gak pernah nangis separah itu dalam hidup, rasanya sediiih banget. Tiga tahun hidup seatap kan bisa dibilang, ngejalanin hal gak enak bareng-bareng (PDK tiga bulan gak boleh komunikasi sama keluarga, RPS jalan kaki puluhan kilo, hulu balang, UAN, dll), adaptasi bareng, sekarang harus pisah, melanjutkan studi masing-masing, ada yg kuliah ada yang masuk akademi dan lain-lain. Cowok-cowok aja pada nangis, duh gimana coba nyalamin dan melukin temen-temen seangkatan.

Jujur aja, pas SMA entah sengaja apa engga, lo gak mungkin se kamar sama temen se-circle lo, which is good, karena lo harus akrab sama semua, dan ini juga sedih banget pisah sama temen sekamar. Bisa dibilang temen-temen sekamar gue beda-beda karakter semua, cuma namanya sekamar kita jadi kompak. Pas kelas 3, gue pernah izin keluar untuk kontrol behel, dan gue beli lauk-laukan di SS (Spesial Sambal), gue udah pesen biar anak-anak kamar siapin nasi setermos dari ruang pamong, pas balik kita lesehan di kamar makan rame-rame sambil ngegosip, rasanya sedep banget duh gue ingetnya aja sedih banget.

Duh gue OOT-nya kejauhan, intinya, ya tiap pisah-pisah gitu gue sedih ketambahan gue baperan, ketambahan gue hidupnya pindah-pindah jadi ya lengkap. Nah, setelah lulus SMA, gue kan pindah ke Jogja, akhirnya tinggal di Jogja beneran, dan senengnya ada temen-temen akrab gue pas SMA di UGM juga, ada Vierna, Meli, Caca, sama Edel.

Selama dari kecil gue ke Jogja, ya gue gak pernah segitunya merhatiin sih bahkan gue gak hafal jalan. Eh btw, tapiii, selama SMA gue sering ke Jogja! Karena dari Magelang ya terdekat ke Jogja, jadi kalo pesiar ya ke Jogja. Dulu jaman gue di Magelang belom ada mal gede, belom ada bioskop yang appropriate, belom ada tempat karaoke, jadi ya kalo mau main ke Jogja, itupun yah kan sewa mobil pake supir, jadi ya enggak hafal jalan.

Terus pas kuliah ya, mau gak mau gue harus hafal jalan, pernah ya pas ada acara bukber FH 2010 sebelom mulai ospek, terus ciwi-ciwi ala-ala mau main ke Alun-Alun Selatan, gue sama Vierna nyasar sampe Ring Road Selatan, dengan kondisi gue baru banget bisa nyetir, terus bensin tipis, belom ada Waze, pokoknya super sedih, hahaha. Alhamdulillah nyampe juga.

Lama-lama ya mulai enak lah ya, apa-apa murah, udah hafal jalan, udah dapet temen-temen main. Awal-awal kuliah, lagi demen makan burjo banget, favorit gue sama anak-anak tuh Burjo Sami Asih, paling suka makan nastel (nasi telor), es teh manis, sama pisang molen. Kalo malem nongkrong di Roti Bakar Bang Nino.

Pertama kali jalan normal sama Dandi bertiga Audy juga ke Roti Bakar Bang Nino. Jalan kedua kali ke Extra Hot buat buka puasa, dan bahkan sekarang Extra Hot itu udah gak ada ganti jadi toko baju, sedih nggak sih? Makin lama ntar tempat-tempat lama bersejarah gue ganti semua. Jalan ketiga, buka puasa lagi (seneng gak sih lo di-pdkt-in jadi rajin puasa Senin-Kamis? Hahaha), ke Bebek Goreng Slamet Gejayan.

Pas maba, gue doyan banget sama Nasi Goreng Sapi Padmanaba! Gue bisa makan itu tiap hari! Kalo lagi gak bisa, bahkan minta Dandi bungkusin, freak abis! Sampe akhirnya gue nyampe di titik enek dan gak pernah makan itu lagi sampe sekarang, hahaha. 

Apalagi ya tempat-tempat yang bakal gue kangenin, oh iya R&B Grill lah ya, tempat steak terenak, dan harganya nggak gila-gila banget.

Bakal kangen juga sama daerah Prawirotaman, tempat makan favorit gue dan Dandi, dan pemilihan restonya musiman. Awal-awal demennya makan Zango, terus suka banget carbonara-nya K-Meals, terus jadi suka banget ke Aglioo, terus suka banget pizza quattro formaggi-nya Mediterranea by Chef Kamil. Gue suka abisnya suasanya agak kayak-kayak Bali gitu gak sih, kayak di Seminyak, soalnya yang makan bule-bule juga kan.

Bakal kangen juga sama Warnet Luxury, enak dan pewe buat nonton film sama Dandi. Bakal kangen juga sama Empire XXI, ya di semua tempat sama aja yah namanya XXI, tapi gue ngerasa paling homey di Empire gak tau kenapa, nonton di tempat lain rasanya beda. Dari awal pacaran, seminggu sekali hampir pasti nonton, kadang kalo lagi gila seminggu dua kali. Selalu beli popcorn manis medium. Film pertama yang kita tonton di situ adalah The Tourist-nya Depp & Jolie.

Gue juga suka banget sate klathak, tepatnya Sate Klathak Pak Pong. Sate klathak ini tuh daging kambing ditusukkin ke jeruji sepeda terus dibakar dengan bumbu minimalis (kayaknya cuma garem sama bawang putih) terus makannya pake kuah gule. Enak banget.

Kalo salon kesukaan gue itu Flaurent, harga super mahasiswa, Rp 25.000 udah creambath sama cuci blow. Pijitnya plus punggung, tangan, kaki, kurang enak apa?

Kalo gudeg, orang pada suka gudeg kering, kalo gue kurang suka. Gue suka bangetnya gudeg basah, favorit gue gudeg Djuminten sama gudeg di Kentungan.

Akhir-akhir ini pas pulang dari Belanda kemaren itu, gue juga lagi suka kapsalon, dan tempat pewe namanya And Or Bookstore, atau Roti Papi jualan kapsalon ini. 

Belom lagi kampus gue, walopun suka ngeselin karena susah cari parkir, tapi gue bakalan kangen masa-masa ngampus, makan nasi goreng kambing di kantin pake es teh tarik, jajan somay goreng sama Vierna, ke kampus sore sampe malem latihan mooting, ke kampus malem buat PLKH, dan mantengin papan exam results. Kampus gue juga merupakan spot terbaik buat parkir kalo mau Sunmor (Sunday Morning UGM, bazar makanan, yang sebenernya gak cuma makanan sih, mau beli cireng keju sampe hamster juga ada) atau jajanan buka puasa (es krim gorengnya enak).

GSP (Graha Sabha Pramana), tempat awal gue upacara pas pembukaan ospek pas maba, dan tempat gue diwisuda juga menyenangkan buat lari sore.

Terlalu banyak cerita di Jogja, yang gue bisa nangis terus nih kalo gue korek-korek memori buat ditulis. Jogja udah membantu gue move on dari kehidupan sebelumnya, Jogja memberikan banyak cerita, dan memori.

Gue jadi kepikiran nih, nekat aja apa flight Sabtu malem ke Jogja dan balik Minggu malem ntar? Hahaha. Cuma yaitu, tetep beda rasanya Jogja semasa gue jadi mahasiswa, dan ketika gue pulang pas udah kerja.

Semoga Yogyakarta tetap istimewa, dengan keistimewaannya, keramahannya, dan keragaman makanan dengan harga terjangkaunya.

No comments :

Post a Comment